History Of La Vecchia Signora

La Vecchia Signora …. I Bianconerri …. jika Anda pecinta olahraga “bola tendang” atau Anda “Penikmat” Liga Calcio Italia, pasti Anda tahu Julukan yang itu. Ya…..itulah Klub yang identik dengan Warna Hitam Putih dengan “Kuda Jingkrak” dilambangnya yaitu Juventus FC. Klub asal Turin yang sudah mengoleksi 28 Scudetto ini begitu disegani oleh tim-tim lawan manapun. Walaupun musim kemarin sempat terdegradasi ke Seri B karena kasus Calciopoli, namun klub ini tetap disejajarkan dengan klub-klub elit eropa lainnya.

Awal berdirinya klub ini pada tahun 1897 dan dimiliki oleh keluarga Agnelli, nama juventus sendiri diambil dari nama perkumpulan mahasiswa di kota Turin yang sama-sama memiliki hobby sepakbola. Awalnya, klub ini berkostum hitam-pink, namun pada waktu itu terjadi ketidak sengajaan pada saat memesan kostum pada desaigner di Nottingham Country. Kostum itu menjadi warna Hitam Putih. Dari sinilah julukan I Bianconerri diberikan oleh para Juventini.

Scudetto Pertama

Seiring berjalannya waktu, Juventus mendapat gelar Seri-A pertama pada tahun 1905. Selain pemainnya pintar bermain dilapangan hijau, para petinggi juventus juga ahli dalam merekrut para pemain bintang, salah satu petinggi Juventus itu bernama Luciano Moggi, dari pemain biasa yang direkrut dari klub lain sampai menjadi bintang, contohnya yaitu Edgar Davids, pemain berjuluk Pitbull ini bergabung bersama Juventus setelah sbelumnya jarang dimainkan di klub terdahulunya Ac Milan. Namun dibawah asuhan “Si Pria Kaca Mata” Marcello Lippi, Pemain berdarah Belanda ini tampil menawan dan selalu tampil agresif menjaga posisi lapangan tengah Juventus. Tapi setelah kasus Calciopolli, pemain ini keluar dari Juventus yang dibarengi oleh Zambrotta dan Thuram. Tapi terdengar kabar, Davids ingin menghabiskan kaiernya di Juventus.

Maskot Tim

Di setiap klub sepakbola, pasti mempunyai “maskot” tim. Maskot tim Juve yaitu Alexsandro Del Piero, Del Piero direkrut Juventus setelah tampil “apik” diklubnya terdahulu. Bahkan, Pemain sekaliber Roberto Baggio pernah “kalah saing” kaena kedatangan pemain yang biasa dipanggil Alex. Duetnya dilini depan bersama Filippo Inzaghi menambah “ketakutan” pemain belakang dari tim manapun, makanya kedua pemain ini disebut Del-Pippo. Dan menambah “puing-puing” scudetto bagi Juventus. Sayangnya, Inzaghi singgah ke Rival Juventus, yaitu Ac Milan.

Hanya Satu klub yang menyamai Juventus meraih 5 Scudetto berturut-turut yaitu klub yang pernah disinggah Bintang Legendaris Maradonna yaitu Klub Napoli.

Tragedi Heysel

Pada tanggal 29 Mei 1985 merupakan hari bersejarah bagi Klub Juventus maupun Liverpool, pasalnya kedua klub tersebut memperebutkan Trofi Liga Champions. Kemenangan 1-0 untuk Juventus yang dicetak oleh Michele Platini, harus dibayar mahal. karena 39 Tifosi Juventus meninggal dunia saat “bertanding” dengan tifosi The Reds.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: